Ringkasan Ketetapan Ulama Besar Saudi tentang Teroris

Ringkasan Ketetapan dan Keterangan dari Lembaga Ulama Besar Kerajaan Saudi Arabia tentang Teroris :
Pengharamannya, Kejahatannya, dan Cara Menghadapinya

 

⬇️ Definisinya :

Kriminal yang bertujuan untuk merusak  dengan cara mengguncang keamanan, kejahatan terhadap jiwa-jiwa dan benda milik pribadi maupun umum.

IMG_20160811_165654

 

⬇️ Hukumnya :

Tindak Kejahatan berbahaya, Aniaya, dan Pelanggaran yang Syariat dan Fitrah menolaknya.

Dan dalil-dalil tentang pengharomannya sangatlah banyak. Diantaranya FirmanNya yang artinya : “Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan.” (Al Baqoroh: 205)

Karena dalam terorisme  menyebabkan hilangnya kehormatan jiwa, harta, keamanan,  dan kebaikan umum.

↪️ Contohnya :

Merusak tempat-tempat tinggal, sekolah,  rumah sakit, pabrik, dan jembatan, membajak pesawat, merampas sumber-sumber dan fasilitas umum milik negara

 

 

 

⬇️ Mendanai teroris :

Mendanai teroris atau masuk kedalamnya adalah terlarang/harom, kejahatan yang akan mendapatkan hukuman secara syar’i/agama,  sama saja apakah itu dengan memperkayanya,  atau dengan mengumpulkan harta untuknya,  atau dengan berserikat dengannya dalam hal itu,  dengan cara apapun, dan sama saja apakah membantu dengan harta ataupun selain harta,  dan sama saja apakah sumber-sumber hartanya itu didapat secara sah ataupun tidak sah/syar’i.

↩️ Hukum melindungi teroris :

Diharomkan untuk berbuat itu,  dan itu termasuk dari dosa-dosa besar berdasarkan sabda Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam (Alloh melaknat orang yang melindungi Muhdits)  Muhdits : Orang yang membawa kehancuran di muka bumi,  dan siapa saja yang menguatkannya berarti dia sebenarnya mengizinkan tindak teroris dengan cara apapun.

Kewajiban pemerintah untuk menyeretnya kepengadilan, guna menindak keras yang seperti itu dengan keputusan syar’i,  sebagai bentuk sikap baik untuk umat, dan berlepas diri, serta menjaga agama dan orang-orang dan kemashlahatan mereka.

⬇️ Perlawanan terhadap teroris :

Wajib atas negara untuk menjaga negeri-negeri dan para hamba,  dan memadamkan kekacauan,  dan wajib atas seluruh muslim bekerjasama dengan petugas keamanan dalam menanggulangi teroris karena hal itu termasuk tolong menolong dalam kebaikan dan takwa.


Hukumannya

Orang yang berserikat dalam tindak teroris atau melindungi atau menganjurkan atau cenderung atau dengan selain itu yang termasuk cara guna menguatkannya, berhak mendapatkan hukuman pencegahan dan perintangan, dan mengembalikan ketentuan hukumannya itu baik jenis maupun ukurannya kepada hakim sesuai kejahatan yang telah dia lakukan

 

______
Mift@h

Link : Salafy Kawunganten

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *