Sikap Anak tatkala Orang Tua Melarang Belajar Sunnah

Dalam Belajar Sunnah, apakah harus mematuhi  orang tua?

Soal kedua dari Fatwa No. 18190

Soal : Di sana di Negeri Yaman, saya mendapati ada markaz-markaz belajar ilmu milik Ahlus Sunnah wal Jama’ah, dan jika saya ingin pergi kesana, saya tidak bisa ke sana kecuali dengan cara menyelinap dan beralasan yang simpel kepada orang tua saya, dan setelah itu mereka pun marah kepada saya. Jadi apa hukum atas perbuatan saya ini?

Jawab:

Kehadiranmu pada majelis-majelis Ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah dan mengambil manfaat darinya itu termasuk amalan yang baik, sehingga tidak boleh bagi ayahmu untuk melarangmu dari menghadirinya.

Tunjukkan padanya sikap bijak dan nasehat yang bagus dalam membujuk ayahmu tentang itu. Dan jikalau dia berada di atas madzhab selain Ahlus Sunnah, maka nasehatilah dia! Dan terangkanlah kepadanya dengan hujah/argumentasi bahwa madzhab Ahlus Sunnah adalah Madzhab yang benar yang dahulu Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam dan para Shahabatnya radhiallohu ‘anhum berada di atasnya dan bahwasanya wajib untuk mengambil dan berpegang teguh dengannya serta meninggalkan apa saja yang menyelisihinya.

Dan berhati-hatilah kamu dari bersikap kurang dalam berbakti kepada ayahmu dan berbuat baik kepadanya, dan bersungguh-sungguhlah kamu dalam hal itu. Bagimu pahala insyaAlloh atas sikap baktimu kepada ayahmu dan upaya ingin menggapai kebaikan untukmu dan untuknya. Meski demikian tidak ada ketaatan kepadanya dalam perkara yang menyelisihi syari’at yang suci ini, berdasar sabda Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam: “Ketaatan itu hanyalah dalam perkara yang ma’ruf/baik.”

 

Wabillahi taufiq, washallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wasallam.

Al Lajnah Ad Daimah Lilbuhutsil ilmiyah wal ifta

Ketua: Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Wakil ketua: Abdul Aziz Alu Asy Syaikh

Anggota: Abdullah bin Ghudayan

Anggota: Shalih Al Fauzan

Anggota: Bakr Abu Zaid

 

Alih Bahasa: Miftahudin bin Ahmad Nur Asbani

Jum’at, 22 Shofar 1437 H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *