Yakinlah!, Itu Anggapan Jahiliyah!

Bulan Shafar Bulan Sial
(Ini Anggapan Jahiliyyah)

Fatwa No. 10775

Soal : Sungguh kami telah mendengar bahwasanya di sana terdapat keyakinan-keyakinan yang menganggap bahwa pada bulan Shofar tidak boleh didalamnya melakukan pernikahan, berkhitan, dan apa saja yang serupa dengan itu. Kami berharap mendapatkan faedah dalam permasalahan itu yang sesuai syari’at Islam, dan hanya Allah-lah yang menjaga anda semua.

Jawab :

Apa yang telah disebutkan berupa

tindakan meniadakan pernikahan atau berkhitan dan sejenis itu pada bulan Shafar adalah termasuk bagian dari menganggap sial terhadap bulan ini. Padahal menganggap sial terhadap bulan-bulan atau hari-hari atau burung-burung dan semacamnya dari berbagai hewan-hewan adalah tidak boleh. Karena berdasarkan riwayat Al Bukhari dan Muslim dari Shahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لَا عَدْوَى وَلَا طِيَرَةَ وَلَا هَامَةَ وَلَا صَفَرَ

“Tiada ada penyakit menular, tidak ada tiyarah, tidak ada keyakinan kepada burung hantu, dan tidak ada keyakinan tentang sialnya (bulan) Shafar.”

Dan menganggap sial terhadap bulan Shafar termasuk jenis tiyarah yang dilarang, dan yang seperti itu termasuk dari perbuatan Jahiliyah dan sungguh Islam telah membatilkannya.

 

Wabillahi taufiq, washallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wasallam.

Al Lajnah Ad Daimah Lilbuhutsil ilmiyah wal ifta

  • Ketua : Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
  • Wakil ketua : Abdurrazaq Afifi
  • Anggota : Abdullah bin Ghudayan

 

Alih Bahasa: Miftahudin bin Ahmad Nur Asbani
– Rabu, 29 Muharrom 1437 H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *